Mengenal Masakan Indonesia

Mengenal Masakan Indonesia

Pernahkah Anda mencoba makanan Indonesia yang lezat? Atau mungkin pernah mendengarnya? Tidak seperti makanan Cina atau Italia yang sudah terkenal di seluruh dunia, makanan Indonesia mungkin tidak begitu populer.

Seni kuliner Indonesia dipengaruhi oleh berbagai negara seperti Cina, Arab, Portugis, Spanyol, Inggris dan Belanda yang kemudian melakukan perdagangan di pulau-pulau ini sejak lama. Keindahan dan kekayaan bumbu membuat Belanda menempati negara ini selama 350 tahun. Mereka dengan sayang menyebut Indonesia gordel van smaragden (Sabuk Zamrud). Selama pendudukan mereka, mereka menanam tomat, kol, kembang kol, wortel, kacang hijau dan selada di dataran tinggi tempat mereka tumbuh subur dalam kondisi cuaca dekat Belanda. Sementara pedagang India membawa timun, terung dan bawang di tanah, orang Spanyol dan Portugis membawa paprika dingin dari Amerika.

Orang Tionghoa yang memiliki pengaruh paling besar terhadap makanan di Indonesia. Mereka mengenalkan mie, kecap, yang orang Indonesia modifikasi sesuai selera mereka dengan menambahkan gula (kecap manis); kacang polong digunakan untuk membuat taoge; Kacang tahu (tahu) dan kacang kedelai, dimana orang Indonesia belajar cara fermentasi untuk membuat Tempe yang sangat baik dan bergizi.

Makanan Indonesia “khas” didasarkan pada nasi, dengan beberapa sari kedelai, ikan, daging atau unggas yang gurih, disertai bumbu panas dingin yang dikenal sebagai sambal, dengan kerupuk (krupuk) atau bawang merah goreng untuk memberikan kontras yang renyah. Mungkin masakan Indonesia yang paling terkenal adalah Chicken Sate Ayam (Nasi Goreng) dan Mie Goreng (Mie Goreng). Meski masih banyak yang lain sejak negara ini begitu besar dengan jenis kelompok etnis yang berbeda.

Makan makanan Indonesia bisa menjadi pengalaman yang menarik. Keragaman negara akan membawa Anda untuk mencicipi aneka makanan. Masing-masing kelompok etnis di Indonesia menggunakan keseluruhan rempah-rempah dari seluruh negara tersebut, namun masing-masing memiliki kombinasi dan selera tersendiri: pedas, manis, panas dan asam. Tapi keajaiban sesungguhnya dalam masakan Indonesia adalah dalam penggunaan bumbu aromatik: bawang merah segar, bawang putih segar, rimpang segar seperti jahe, kunyit, lengkuas (lengkuas atau laos) dan jenis lainnya jika lengkuas seperti kencur dan temu kunci. Ada juga bumbu daun segar seperti serai lemon, basil lemon (dikenal dengan kemangi), kaffir lime, daun salam (sejenis daun salam), kunyit, seledri cina dan daun pandan. Meski negara ini merupakan penghasil rempah-rempah utama seperti pala dan cengkeh, rempah-rempah ini jarang digunakan dalam masakan Indonesia. Untuk rasa manis, mereka biasanya menambahkan santan, kecap manis atau kelapa sawit / gula kelapa. Sedangkan keasamannya berasal dari air asam, air jeruk nipis dan kadang cuka.

Berkeliling Indonesia bisa menjadi tantangan nyata bagi keingintahuan masakan anda. Indonesia memiliki semuanya … dari makanan manis hingga sangat pedas. Tidak mungkin untuk menggambarkan setiap spesialisasi di sini karena terlalu banyak dari mereka. Sebagai kepulauan terbesar di dunia, Indonesia adalah surga makanan enak yang akan membangunkan semua indra Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *